Berbagi ilmu seputar komputer dan jaringan

Senin, 21 Agustus 2017

Istilah - Istilah Dalam Jaringan Komputer 

  Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan beberapa komputer agar dapat berkomunikasi, berbagi informasi dan berbagi sumber daya.Berikut adalah istilah-istilah dalam jaringan komputer.

  • Gateway





Istilah gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda - beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.


  • VPN (virtual private network)





VPN adalah koneksi internet pribadi yang aman dan ter-enkripsi untuk menjamin bahwa hanya pengguna yang berhak yang dapat mengaksesnya dan transfer data yang dilakukan tidak dapat diganggu.


  • Router





Router adalah perangkat dalam jaringan yang berfungsi untuk mengatur lalu-lintas paket dalam jaringan. Ketika kamu terhubung pada hotspot, maka ada perangkat yang memancarkan sinyal hotspot tersebut dan mengaturnya.



  • Repeater





Reapeter adalah suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula.  Guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh Ini di perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk selama transmisi.



  • ISDN (Integrated Services Digital Network)






ISDN adalah standard komunikasi internasional untuk pengiriman suara, video dan data melalui line telepon digital atau telepon kawat biasa. ISDN mempunyai kecepatan transfer data 64 Kbps. Sebagian besar saluran ISDN ditawarkan oleh perusahaan telepon yang memungkinkan dua saluran, yang disebut kanal B. Satu line dapat digunakan untuk suara dan yang lain untuk data lain dan keduanya mempunyai kecepatan transfer 128 Kbps. Versi awal ISDN menggunakan transmisi baseband. Versi lain ISDN, yaitu B-ISDN, menggunakan transmisi broadband dan dapat mendukung transmisi data dengan kecepatan 1,5 Mbps.



  • DNS (domain name sistem)





DNS adalah sistem yang menerjemahkan domain Internet, seperti www.Facebook.com menjadi alamat Internet, yaitu serangkaian nomor yang terlihat seperti 101.232.12.5. Istilah DNS berhubungan dengan konvensi untuk penamaan host pada Internet dan cara penangan nama-nama tersebut.



  • Bridge





Bridge adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link. Segmen ini mempunyai alamat lapisan jaringan yang sama. Setiap jaringan seharusnya hanya mempunyai sebuah bridge utama.



  • Bandwidth



Bandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalam banyak hal seperti : telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Paling tepat, bandwidth diukur dengan putaran per-detik atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second.


  • NAT (Network Address Translation)





Network Address Translation atau NAT, digunakan oleh router untuk berbagi suatu alamat IP ke berbagai perangkat. Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki sebuah router nirkabel/wireless yang menciptakan jaringan Wifi yang terkoneksi ke perangkat seperti : laptop, smartphone, tablet dan lain – lain. ISP Anda hanya memberikan satu alamat IP yang dapat diakses dari mana saja di intenet. Ini disebut IP Publik.


  • DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol )





Dynamic Host Configuration Protocol memungkinkan komputer dapat meminta atau diberikan IP Address secara otomatis. Sebagai contoh, pada saat Anda menggunakan perangkat laptop atau smartphone untuk terhubung ke jaringan WiFi, perangkat anda akan secara otomatis meminta IP dari Router dan Router akan memberikannya secara otomatis. Ini terlihat lebih sederhana dari pada menggunakan IP Statik yang harus mengisi IP secara manual.


  • MAC Address





Media Access Control Address atau MAC Address adalah alamat unik yang dirancang untuk mengindentifikasikan setiap interface dalam jaringan komputer. Seringa juga disebut Physical Address.

Sebagai contoh, ketika Anda sedang menikmati WiFi di sekolah, jaringan WiFI sekolah tersebut kemungkinan mencatat MAC Address dan menggunakannya untuk melacak Perangkat Anda agar dapat mencegah Anda dapat mengakses WiFi tersebut dilain waktu. Atau bisa juga Jaringan WiFi tersebut memberikan sebuah IP Statis berdasarkan MAC Address Anda, jadi setiap anda terkoneksi dengan jaringan WiFi tersebut Anda selalu mendapatkan IP yang sama meskipun menggunakan DHCP.\


  • Firewall





Firewall adalah sebuah software yang berfungsi untuk memblok jenis lalu lintas tertentu. Misalnya firewall bisa memblokir lalu lintas dari port tertentu dan membiarkan yang lainnya lewat, atau bisa juga membiarkan lalu lintas dari port tertentu dan memblokir yang lainnya.

Fungsi Firewall di dalam jaringan adalah sebagai berikut :


  1. Packet Filtering : memeriksa header dari paket TCP/IP ( tergantung arsitektur jaringannya, dalam contoh ini adalah TCP IP ) dan memutuskan apakah data ini memiliki akses ke jaringan
  2. Network Address Translation ( NAT ) : biasanya sebuah jaringan memiliki sebuah IP public dan di dalam jaringan sendiri memiliki IP tersendiri. Firewall berfungsi untuk meneruskan paket data dari luar jaringan ke dalam jaringan dengan benar sesuai IP komputer lokal.
  3. Application Proxy : firewall bisa mendeteksi protocol aplikasi tertentu yang lebih spesifik.
  4. Traffic management : mencatat dan memantau trafik jaringan

  • HTTP




Hypertext Transfer Protocol adalah protokol standar web browser. Terdapat pada Application Layer pada OSI Layer.



  • ISP





ISP yang merupakan singkatan dari Internet Service Provider adalah perusahaan penyedia layanan internet. Dari ISP inilah kita dapat mengakses internet.



  • Topologi





Merupakan bentuk atau skema suatu jaringan komputer. Contoh topologi adalah topologi bus, star, ring, dan tree. Dalam topologi star contohnya, server berada di tengah sebagai pusat dan host nya berada di sekelilingnya sehingga bentuknya menjadi seperti bintang, karena itu disebut topologi star atau bintang.


  • Subnet Mask






Subnet Mask adalah sebuah istilah dalam bahasa inggris yang mengacu pada bilangan biner 32 Bit yang digunakan untuk membedakan Network ID dan Host ID. Apakah berada di jaringan lokal atau berada di jaringan luar.


Itulah istilah istilah dalam jaringan komputer semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita.

Senin, 14 Agustus 2017

Perkembangan aplikasi pengolahan data di perusahaan menimbulkan beberapa persoalan. Bila pada awalnya organisasi pengolahan data berada di bawah bagian keuangan, karena perluasan aplikasi, akhirnya menjadi bagian tersendiri dari perusahaan (yang sekarang disebut dengan EDP=Elektonik Data Prosesing ).

Tujuan teknologi jaringan komputer di dunia bisnis/usaha adalah sebagai berikut :

1. Teknologi jaringan komputer akan membantu dan mempermudah kinerja pegawai, karena diharapkan dengan adanya teknologi tersebut pegawai dapat menyelesaikan tugasnya dengan cepat, mudah, dan dapat mengirim dan menerima file melalui jaringan komputer.
2. Teknologi jaringan komputer dapat meminimalkan biaya dan waktu. Dengan adanya teknologi tersebut pegawai tidak perlu berpindah tempat untuk mengirim dan menerima file dari komputer lain sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.
3. Teknologi jaringan komputer akan memberikan dampak yang positif untuk pegawai selama dia tidak menyalahi peraturan yang ada, seperti hacker, cracker dll. Dipastikan dengan adanya teknologi jaringan komputer dapat memberi kecekatan dalam bekerja, dengan biaya dan waktu yang minimal, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan nya yang lain.

Perkembangan Pengolahan Data

Pada akhir tahun enam puluhan, komputer telah banyak dipakai di perusahaan-perusahaan Amerika diantaranya untuk membantu menangani pengolahan data Administrasi Personalia, Pembukuan, Inventaris barang, Pembelian dan Penjualan, dan lain-lain. 
Melihat aplikasi komputer pada bidang ini mengakibatkan para pengusaha melihat kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan pemanfaatan informasi. Kendali perusahaan menjadi lebih baik, dengan tersedianya data yang diperlukan.
Sejalan dengan perkembangan teknologi komputer, jenis aplikasi pengolahan data pun semakin meluas, sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

PENERAPAN JARINGAN KOMPUTER DALAM HOME APLIKASI

Mungkin alasan terbesar sekarang adalah untuk akses Internet. Beberapa menggunakan lebih populer dari Internet untuk pengguna rumahan adalah sebagai berikut:
Akses ke informasi jarak jauh.
Komunikasi orang-ke-orang.
Interaktif hiburan.
Electronic commerce.
Tipe lain dari komunikasi orang-ke-orang sering disebut dengan nama komunikasi peer-to-peer, untuk membedakannya dari model client-server (Parameswaran et al, 2001.). Dalam bentuk ini, individu-individu yang membentuk kelompok longgar dapat berkomunikasi dengan orang lain dalam kelompok, seperti yang ditunjukkan pada Gambar. 1-3. Setiap orang pada prinsipnya dapat berkomunikasi dengan satu atau lebih orang lain, tidak ada pembagian tetap menjadi klien dan server.

PENERAPAN JARINGAN KOMPUTER DALAMPERBANKAN

Resource Sharing, 
Dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama.
Misal: seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.

Reliabilitas tinggi, 
Dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.
Misal: Semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.

Menghemat uang 
Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar.
Misal: Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer
pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.

Cepat dan Efisien
Jaringan komputer memungkinkan proses pengiriman data berlangsung dengan cepat dan efisien.
Misal: Pengiriman surat tidak perlu lagi menggunakan kertas yang dikirimkan dan sampainya dalam waktu berhari-hari, cukup dengan menggunakan email yang membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.

Real Time
Jaringan komputer bisa memudahkan seseorang berkomunikasi dengan orang lain dengan komunikasi melalui pesan teks, gambar, audio dan video secara langsung atau real time.

Senin, 07 Agustus 2017

Kali ini saya akan membahas tentang perangkat lunak jaringan komputer.
Membangun jaringan komputer, tidak semudah membalik telapak tangan. Diperlukan pemahaman tentang komponen jaringan baik dari sisi perangkat lunak (software) maupun dari sisi perangkat keras (hardware).
Berikut adalah perangkat lunak jaringan(softwere)baik server atau client antara lain:

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang membuat komputer dapat beroperasi. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang pertama kali harus dipasang agar komputer dapat digunakan/dioperasikan.
Dalam jaringan komputer, sistem operasi untuk client berbeda dengan yang digunakan untuk server.
Untuk komputer client, OS yang digunakan : Windows Xp Prof, Win 2000 Proffesional, Win ‘98/Me, Linux.
Sedangkan untuk server, Network Operating System yang digunakan antara lain: Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, Unix, Novell Netware dan Linux.
Program aplikasi biasanya digunakan oleh komputer client untuk produktivitas kerja. Yang termasuk dalam program aplikasi antara lain : Microsoft Office, Open Office, Corel Draw, SPSS, Adobe Photoshop, adan lain-lain.
3. Aplikasi Jaringan
Aplikasi jaringan merupakan perangkat lunak yang khusus digunakan untuk jaringan komputer, misal:
1. ISA Server, SQUID à Software untuk proxy server
2. MS SQL Server, MySQL, Oracle à Database Server
3. Qmail, Postfix, Ms Exchange à Mail Server
4. IIS, Apache à Web Server
5. Superscan, tcpdump, ethereal, windup, ping, route à utility untuk jaringan komputer.
6. dan lain-lain.
4. Program Utility
Program utility merupakan perangkat lunak yang yang digunakan untuk tujuan spesifik, baik untuk komputer standalone maupun untuk komputer jaringan.
Yang termasuk dalam kategori ini al: Winzip, winrar, winamp, antivirus, partition magic, dan lain-lain.
5. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna dapat membuat program/perangkat lunak sendiri. Macamnya antara lain: Pascal, C/C++, Visual Basic, VB.NET, C#, J#, C++.NET, Delphi, Java, PHP, ASP, JSP, Python, Ruby dan lain-lain.

Sekian pembahasan dari saya semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita.....

Perangkat keras Jaringan Komputer adalah perangkat yang menghubungkan dua atau lebih Komputer dalam suatu Jaringan agar dapat saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya.


Berikut adalah 12 jenis perangkat jaringan komputer :


1. Komputer Server



Komputer Server adalah system yang menyedian layanan dalam suatu jaringan yang dapat diakses oleh Komputer Client. Layanan yang disediakan oleh Komputer Server adalah sebagai berikut :


  • Web Server
  • Mail Server
  • Data Base Server
  • FTP Server
  • DLL


2. Komputer Client



Komputer Client adalah Komputer yang mendapat pelayanan dari Komputer Server. Artinya Komputer Client mempunyai tugas untuk menarik data dari Komputer Server. Peran Komputer Client antara lain :
  • Memperoleh Informasi dari Server.
  • Mendapat akses dari Server.
Spesifikasi yang dibutuhklan oleh Komputer Clients tentunya, tidak harus memiliki spesifikasi khusus. Cukup Komputer dapat terkoneksi kedalam Jaringan.



3. NIC ( Network Interface Card )



NIC adalah singkatan dari Network Interface Card. NIC ini merupakan suatu kartu yang dapat menghubungkan Komputer dengan  Jaringan LAN ( Local Area Network ).
Fungsi daripada NIC tidak lebih hanya dapat menghubungkan Komputer  ke dalam Jaringan Internet Lokal.


4. Modem ( Modulator Demodulator )



Modem adalah perangkat keras Jaringan Komputer yang dapat merubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Modulator berfungsi untuk melakukan proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim ke user melalui media tertentu, proses ini biasa disebut dengan proses modulasi. Pada proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog.

Demodulator berfungsi sebagai proses mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer.

Jenis - jenis Modem :


  • .Modem Internal yaitu modem yang dipasang pada motherboard.
  • Modem Eksternal yaitu modem yang ditancapkan pada slot USB.
  • Modem Nirkabel yaitu modem yang digunakan tanpa kabel, contohnya : Modem GSM dan Modem CDMA.


5. Switch


Switch adalah salah satu perangkat Jaringan Komputer yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan Hub.
Terdapat keungulan yang dimiliki Switch sehingga banyak orang yang meninggalkan Hub untuk Switch.


Fungsi Switch :
  • Membatasi dan  mengatur jumlah data yang ditransmisikan ke Client.
  • Switch dapat berfungsi sebagai Repeater.
  • Switch sebagai central connection  point.
  • Switch sebagai splitter atau pemisah antar komputer dalam suatu Jaringan.
  • Switch untuk menerima sinyal dan data dari Komputer Server.



6. Router



Perangkat keras Jaringan Komputer yang selanjutnya adalah Router. Perangkat keras Jaringan Komputer ini memiliki fungsi yakni menyalurkan koneksi internet melalui TCP/IP dan menuju ke Komputer Client.


Fungsi Router :
  • Menghubungkan Jaringan Komputer dengan Jaringan Komputer yang lainnya. Contoh : LAN dengan LAN ( Local Area Netwok ).
  • Mentransmisikan informasi dari satu Jaringan Komputer ke Jaringan Komputer lainnya.
  • Menghubungkan Jaringan Lokal kesebuah Jaringan DSL.


7. Kabel Jaringan




Sebuah jaringan harus memiliki yang namanya Kabel Jaringan. Kabel Jaringan ini memiliki fungsi yang salah satunya adalah dapat membawa paket data dari Server menuju ke Client.


Jenis - Jenis Kabel Jaringan :


  • UTP ( Unshielded Twisted Pair )
  • STP ( Shielded Twisted Pair )
  • Fiber Optic
  • Kabel Coaxial 

Kekurangan daripada penggunaan Kabel - Kabel tersebut :


  • Butuh banyak Kabel.
  • Instalasi yang cukup rumit.


8. Connector Kabel



Connector Kabel adalah suatu alat yang diapasang pada masing - masing ujung kabel Jaringan yang untuk menghubungkan Adapter Network dengan kabel.


Jenis Jenis Connector Kabel :


  • Connector RJ 45 ( UTP )
  • Connector BNC/T ( Coaxial )
  • Connector ST (Fiber Optic )


9. Acces Point


Acces Point adalah perangkat Jaringan Komputer yang dapat memancarkan sinyal yang di terima dari Router untuk membuat suatu jaringan WLAN atau Wireless Area Network.
Keunggulan dari penggunaan Acces Point :


  • Lebih murah.
  • Perawatan yang cukup mudah.
  • Support penggunaan Wireless.



10. Repeater



Repeater adalah Perangkat keras Jaringan Komputer yang digunakan untuk memperkuat sinyal. Katanya alat ini mampu menghubungkan 2 gedung yang berdekatan, mungkin anda bisa percaya dan mungkin tidak? Tapi, anda harus percaya karena repeater memiliki kemampuan untuk memperkuat sinyal.


Kelebihan yang dimiliki Repeater :

  • Memancarkan sinyal sampai ke sudut ruangan.
  • Akses Internet jadi mudah karena tidak terhalang oleh lokasi.
  • Memberikan dan Menyalurkan sinyal ke user lebih baik.


11. Bridge



Bridge yang mempunyai arti Jembatan. Tidak jauh seperti artinya Bridge mampu menjembatani Jaringan Komputer, maksudnya Bridge memiliki kemampuan untuk menggabungkan suatu LAN menjadi LAN yang lebih luas dan juga bisa sebaliknya Memecah Suatu LAN menjadi beberapa LAN kecil. Bridge juga mampu menghubungkan 2 buah Jaringan Komputer yang berbeda Topologi.



Fungsi Bridge :
  • Mampu menghubungkan 2 LAN untuk membentuk Jaringan yang lebih luas.
  • Mampu menghubungkan 2 buah Jaringan yang berbeda Topologi.
  • Bridge dapat berperan ganda yaitu sebagai router.



12. Hub



Hub adalah perangkat keras yang memiliki fungsi yakni tidak lebih hanya sebagai Connector saja. Hub merupakan suatu Central Connection Point pada suatu Jaringan tertentu, yang berfungsi menerima sinyal dari Server dan mentransmisikan ke Client untuk membentuk suatu Jaringan. 



Kelemahan dari Hub :
  • Jika terdapat kerusakan pada Hub seluruh Jaringan Komputer akan mengalami kegagalan.
  • Tidak dapat mengatur paket data yang dikirim ke Client.


Mungkin itu saja penjelasan mengenai perangkat keras Jaringan Komputer. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kalian semua.